Kamis, 01 Desember 2016

Heboh.. Begini Kata Ustadz Felix Siauw dan Yusuf Mansur Tentang Ucapan Selamat Natal, Ternyata Sangat Di...

Begini Kata Ustadz Felix Siauw dan Yusuf Mansur Tentang Ucapan Selamat Natal, Ternyata Sangat Di...
Ust. Yusuf Mansur dan Ust. Felix
Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, sebagian masyarakat mulai membicarakan ucapan selamat. Sebagian kalangan menilai boleh dan yang lain melarang.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sebelumnya mengatakan ada ulama yang mengatakan muslim tak boleh mengucapkan selamat Hari Natal, namun ada pula yang mengizinkan, yang menurut Lukman Hakim, dalilnya Al Quran Surat Maryam ayat 33.

Menurut sebagian ulama itu, ucap Lukman, ayat itu menjelaskan soal salam kepada Nabi Isa AS. "Karena memang Nabi Isa sendiri mengatakan, berikan salam kepadaku saat lahir dan meninggal," tutur dia.

Tapi, menurut ustaz Felix Siauw, Nabi Muhammad SAW tak pernah melakukan hal tersebut. "kalau mengucap selamat ke hari raya agama lain itu boleh | tentu Rasulullah dan sahabat sudah mencontohkan lebih dulu," begitu tuturnya melalui akun @felixsiauw

Sementara Ustaz Yusuf Mansur mengingatkan agar umat Islam tidak menganggap sepele mengenai pemakaian atribut atau bahkan ikut perayaan Natal.

"Soal jangan ngucapin selamat natal, asli. Ini soal akidah. Kawan-kawan jangan anggap enteng. Juga tentang pemakaian atribut natal," tulis Ustaz Yusuf via akun twiternya @Yusuf_Mansur, Jumat (12/12/2014).

Menurut Yusuf Mansur bahkan beberapa ulama memberi hukum bukan lagi haram bagi yang mengucapkan selamat Natal, tapi sudah kafir.

"Beberapa ulama yang hati-hati, malah menghukumnya bukan haram. tapi sudah jatuh kepada kafir," lanjut Yusuf Mansur dalam tweet-nya.

Lebih lanjut Ustaz Yusuf Mansur mengatakan bahwa untuk hal yang masih diperdebatkan, bukannya dihindari untuk dibicarakan, tapi justru harus dibicarakan. Yang perlu dihindari, menurutnya adalah pengucapan dan pemakaian atribut agama lain.

Yusuf Mansur juga menyebut pemeluk agama lain juga kawan umat Muslim. "Yang mereka pun tidak akan disebut tidak toleran, gara-gara tidak ikut shalat jumat," Yusuf Mansur memberikan contoh.

Sebab menurut Yusuf Mansur perbedaan agamanya sudah jelas. "Dan karena itu tidak masalah jika kawan-kawan yang berbeda agama, lalu tidak ikut shalat jumat, dan ibadah-ibadah Islam lainnya."

"Begitupun ketika umat beragama lain tidak mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, juga tidak masalah, tidak akan disebut tidak toleran," sebutnya.***
Sumber https://www.goriau.com/nasional/soal-ucapkan-selamat-natal-ini-kata-ustaz-felix-siauw-dan-yusuf-mansur.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar